tag:blogger.com,1999:blog-29905559219323609862024-03-09T01:40:22.770+07:00ENERGY MARKETINGblog mengenai teknologi di sekitar kitabambang_bshttp://www.blogger.com/profile/02828017739457859852noreply@blogger.comBlogger3125tag:blogger.com,1999:blog-2990555921932360986.post-44174662032215197442010-10-07T22:18:00.000+07:002010-10-07T22:31:42.534+07:00fuel cell"Fuel-Cell", dari Baterai Portabel sampai Pembangkit Listrik<br />SAMPAI saat ini memang belum ada jenis sumber tenaga listrik yang memiliki rentang pemakaian yang sangat luas seperti sumber energi fuel-cell. Perangkat yang sekarang kebanyakan masih dalam bentuk prototipe ini selain belakangan banyak dikembangkan untuk kebutuhan produk elektronik portabel, seperti telepon seluler, juga dipersiapkan untuk kebutuhan otomotif dan pembangkit listrik.Gema pengembangan baterai yang sangat ramah lingkungan ini, terutama untuk kebutuhan barang-barang elektronik ringkas. Bahkan para pengamat banyak memperkirakan tidak sampai lima tahun mendatang baterai dengan bahan bakar gas hidrogen ini akan mulai bersaing dengan baterai-baterai konvensional, baik baterai kering maupun baterai isi ulang, yang membahayakan lingkungan.<br />Segi menarik dari sumber tenaga kecil ini antara lain menawarkan bobot yang ringan untuk kebutuhan seperti telepon seluler generasi ketiga, notebook, PDA, dan perangkat elektronik kecil lainnya. Yang lebih mengagumkan adalah kemampuan menghasilkan listrik yang lebih lama dibandingkan baterai konvensional dengan besar yang sama.<br />Pengembangan dalam dunia otomotif tidak kalah menariknya, seperti percobaan yang dilakukan perusahaan otomotif raksasa Jerman, DaimlerChrysler. Sampai tahun lalu perusahaan dari Jerman ini sudah memperkenalkan prototipe yang kelima dan pada Necar 5 sudah lebih spesifik, bukan lagi hanya menggunakan hidrogen, tetapi bahkan metanol sebagai bahan bakar untuk sumber listrik fuel-cell.<br />Selain perusahaan Jerman ini, produsen otomotif AS General Motor juga melakukan pengembangan yang sama. Perusahaan otomotif Jepang, Honda dan Toyota tidak mau ketinggalan, bahkan Toyota pertengahan bulan lalu mengatakan telah mengembangkan dua kendaraan hibrida fuel-cell bekerja sama dengan pembuat truk Hino Motors.<br />Perusahaan lain seperti BMW sepuluh hari lalu juga memperkenalkan kendaraan dengan bahan bakar hidrogen di Los Angeles, AS. Hanya bedanya kendaraan ini mempergunakan bahan bakar hidrogen dalam sistem mesin pembakaran dalamnya, bukan untuk membangkitkan listrik penggerak motor listrik.<br />Pembangkit listrik ukuran sedang antara lain dikembangkan Greenvolt Power Corp. Perusahaan ini bahkan sudah siap mengirimkan pembangkit listrik berkapasitas 200 kW PAFC (Phosphoric Acid Fuel Cell ) pada bulan Juli ini. Pembangkit berbobot 30 ton ini mempergunakan bahan bakar gas alam tanpa mempergunakan mesin pembakaran yang selama ini biasa digunakan.<br />PADA dasarnya fuel-cell ini adalah baterai yang relatif sederhana dibandingkan jenis baterai lain yang bisa membangkitkan listrik arus searah. Bahkan teknologi pembangkit listrik ini sudah ada sejak lebih dari 150 tahun yang lalu, meskipun waktu itu pengembangannya banyak menemui hambatan sampai akhirnya tertinggal dibanding dengan teknologi lain.<br />Sejak cara pembangkitan listrik terjadi secara kimiawi, mesin ini menjadi sangat senyap, jauh dari polusi suara yang dihasilkan sistem pembakaran dalam, apalagi mesin diesel. Maka dalam dunia otomotif mesin fuel-cell lebih sebagai mesin pembangkit listrik untuk menggerakkan motor listrik.<br />Hanya uniknya mesin ini juga "memakan" bahan bakar, meski tanpa melalui sistem pembakaran sebagaimana biasa dikenal selama ini. Inti kerjanya sangat sederhana, yaitu mempertemukan unsur hidrogen-bisa didapat dari bahan bakar hidrokarbon seperti gas alam, metanol, dan bahkan bensin-dengan oksigen dari udara bebas, menghasilkan uap air dan aliran elektron atau listrik.<br />Maka istilah fuel-cell sendiri kalau diterjemahkan menjadi sel bahan bakar bisa menimbulkan pengertian yang berbeda. Istilah ini berasal dari teknologi baterai, di mana kata "cell" merupakan sebutan bagi pasangan anoda dan katoda (plat positif dan negatif). Istilah fuel-cell tidak dipergunakan pada awal-awal penemuannya, mereka lebih menggunakan nama sesuai nama penemu atau istilah seperti "gas battery".<br />"Karena fuel-cell dan baterai bekerja secara serupa, maka terminologi fuel-cell pada dasarnya berarti satu tipe baterai yang mempergunakan aliran bahan bakar secara tetap untuk bisa menghasilkan listrik," kata Hal Wallace, ahli sejarah bidang koleksi kelistrikan pada National Museum of American History yang dihubungi Kompas melalui email.<br />Dalam pengembangannya, sekalipun mempergunakan prinsip kerja yang sama, namun variasinya cukup banyak. Mesin fuel-cell besar tidak bisa dibuat kecil hanya dengan cara mengecilkan skalanya saja, demikian pula sebaliknya.<br />Pembangkit listrik seperti halnya listrik PLN selain memerlukan fuel-cell berkapasitas besar, juga membutuhkan inverter untuk mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik untuk bisa diinterkoneksikan dengan jaringan listrik yang ada. Selain itu membutuhkan konverter untuk mengubah bahan bakar hidrokarbon menjadi gas yang kaya dengan hidrogen, proses ini yang semakin menambah kompleksitas mesin fuel-cell.<br />MESKIPUN beberapa pengembang mempergunakan bahan bakar hidrogen murni yang disimpan secara kimiawi dalam sebuah tabung yang kuat, kebanyakan perancang memilih bahan bakar seperti metanol. Selain lebih murah, tersedia secara luas, dan bisa diperlakukan seperti bensin, metanol juga tidak seberbahaya hidrogen.<br />Maka tidaklah salah jika DaimlerChrysler memilih mengembangkan kendaraan berbahan bakar alternatif ini lebih pada metanol. Bukan saja pemakai tidak perlu terlalu banyak mengubah kebiasaan, seperti mengisi bensin biasa, jaringan pompa bensin dengan mudah bisa digunakan untuk metanol dengan sedikit modifikasi, tanpa harus membangun baru.<br />Bandingkan cara ini dengan sistem mobil listrik biasa, yang harus membawa banyak aki untuk menyimpan listrik, dengan waktu pengisian bisa semalam suntuk. Dengan fuel-cell orang cukup mengisi kembali metanol yang habis dan mesin sudah langsung bekerja kembali, tidak ada ledakan (kebisingan), dan gas buang sangat ramah lingkungan, karena hanya berupa panas dan uang air saja.<br />Teknologi yang sekarang tengah diperjuangkan adalah upaya membuat fuel-cell langsung. Artinya, bahan bakar hidrokarbon bisa langsung digunakan tanpa harus melalui sebuah "reformer" untuk mengambil unsur hidrogennya saja, karena alat ini bukan hanya menambah kompleksitasnya, tetapi juga banyak memakan tempat dan berat.<br />Cara langsung yang akan menjadi mesin fuel-cell mikro untuk kebutuhan portabel ini mempergunakan media membran untuk pertukaran proton atau PEM (proton exchange membrane ). Membran yang bisa terbuat dari bahan polimer khusus atau cairan elektrolit konduktif ini memungkinkan ion positif melintas dan memblok elektron.<br />Kemajuan dalam bidang pembuatan mikrochip juga dimanfaatkan untuk bisa memproduksi fuel-cell mikro berharga murah dan produksi dalam volume tinggi, seperti yang dilakukan para peneliti Motorola dan Los Alamos National Laboratory di AS.<br />Pendekatan lain dilakukan perusahaan Medis Technologies dari Israel yang bersama kelompok Sagem Group (pembuat telepon seluler Perancis) membangun pabrik yang mampu memproduksi micro fuel cell dalam setahun. Baterai buatan Medis ini dapat mempergunakan etanol yang sangat bermanfaat bagi mereka yang tengah melakukan perjalanan, jika kehabisan baterai bisa mempergunakan minuman keras seperti vodka dari sebuah minibas di hotel. (awe)<br />Sumber : <a href="http://www.kompas.com/" target="_top">Kompas (22 Juli 2001)</a>bambang_bshttp://www.blogger.com/profile/02828017739457859852noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2990555921932360986.post-65293363030221026432010-04-23T13:46:00.002+07:002010-04-23T13:58:24.882+07:00I/O CONTROLERALTERNATIVE COMMUNICATION<br />I/O CONTROLLER<br />SC-3301 SERIES<br /><span style="color:#ff0000;">• SMS AUTO REPORTING ALARM<br />• SMS REMOTE CONTROL<br />• SMS REMOTE DATA/STATUS REQUEST<br />• SMS REMOTE SYSTEM SETUP<br />• SERIAL EVENT RECORDER<br />• DIRECT PC OR SMS MODEM CONNECTION<br />• DIGITAL INPUT 8 PORT WITH PLUG<br />CONNECTOR<br />• DIGITAL OUTPUT 8 PORT WITH PLUG<br />CONNECTOR<br />• SETUP AND CONFIGURATION FOR<br />INPUT/OUTPUT PORT (SMS/EVENT<br />FUNCTION) WITH INPUT/OUTPUT NAMING<br />• INPUT SCAN/BOUNCH SETUP<br />• USER TABLES AND PREVILAGE (UP TO<br />8 USERS)<br />• LIMITED FUCTION REMOTE SETUP<br />(SMS)<br />• ALL FUNCTION LOCAL SETUP (PC)<br />• LAMP TEST FUNCTION<br />• COMMUNICATION PORT-1 (COM-1) RS-<br />232 WITH DB-9 MALE CONNECTOR<br />• COMMUNICATION PORT-2 (COM-2) RS-<br />485 FOR IED DEVICE CONNECTION<br />WITH MODBUS RTU PROTOCOL<br />(OPTIONAL)<br />• ONE BUTTON FUNCTION MENU FOR<br />DEVICE INFORMATION<br />• OPTIONAL GPRS MULTI POINT TO<br />POINT COMMUNICATION BETWEEN<br />MASTER & DEVICE (USING SPECIAL<br />GPRS TCP/IP STACK MODEM)<br />• DESIGN FOR OUTDOOR MONITORING<br />AND CONTROL ENVIRONMENT<br />• 22 SMS SYNTAX COMMAND<br />• USER CONFIG R/W COMMAND<br />• READ CURRENT I/O STATE<br />• RESET ALARM<br />• I/O CONFIG R/W COMMAND<br />• ON/OFF CONTROL OUTPUT<br />• CONTROL GUARD TIME<br />• DEVICE CONFIG R/W COMMAND<br />• CLOCK SYNCRONIZE<br />• DEVICE RESET<br />• SMS QUOTA<br />• SMS ENABLED/DISABLED<br />• MODEM INITIALIZE STRING R/W COMMAND<br />SPESIFICATION<br />FEATURE<br />• POWER SUPPLY INPUT : 12 V DC<br />• POWER CONSUMPTION : 60 - 180 mA ~<br />2,2 W<br />• ALUMINIUM CASE FOR HEAT ABSORPTION<br />• DIGITAL INPUT : 8 PORT<br />• ISOLATED DIGITAL INPUT<br />• DIGITAL INPUT HI LEVEL VOLTAGE<br />RANGE : 20V DC – 28V DC (as Required)<br />• DIGITAL OUTPUT : 8 PORT<br />• ISOLATED DIGITAL OUPUT<br />• 12 V DC OUTPUT FOR EXTERNAL<br />RELE DRIVEN<br />• LED INDICATOR FOR POWER STATUS,<br />DIGITAL INPUT/OUTPUT STATE, MICROPROCESSOR<br />HEART BEAT, DATA<br />TRANSMIT/RECEIVE, DEVICE ADDRESS,<br />ERROR CODE, MAINTENANCE<br />• SERIAL RS-232 COMMUNICATION<br />PORT FOR SMS MODEM OR PC CONNECTION<br />• INTERNAL REAL TIME CLOCK (RTC)<br />WITH BATTERY BACKUP<br />• SERIAL EVENT RECORDER UP TO 255<br />EVENT WITH 10mS RESOLUTION FOR<br />INPUT SCANNING<br />• POWER DOWN AND SYSTEM RESET<br />RECORDING<br />• STARTING UP TIME LESS THAN 5<br />SECOND.<br />• SERIAL RS-485 FOR IED CONNECTION<br />WITH MODBUS RTU PROTOCOL<br />(OPTIONAL)<br /></span>bambang_bshttp://www.blogger.com/profile/02828017739457859852noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2990555921932360986.post-10808332139563427432009-06-11T05:33:00.002+07:002009-06-11T05:36:33.562+07:00Mesin 4AGE<div align="justify"><span style="color:#ff0000;">Sekilas tentang 4AGE Silvertop<br /></span>Mesin 4AGE Silvertop adalah pengembangan dari 4AGe 16V yang menjadi andalan toyota di kelas 1600 cc.Dengan 20 katup ditambah teknologi VVT sekaligus 4 throtlle body tenaga 160 Hp dalam kondisi standart mampu diraih.<br /><br />Tak pelak mesin ini menjadi incaran para tuner2 balap di dunia.Mulai TRD Jepang,Mecha Tuned,TRD USA,Belgra Motoring Jerman hingga garden speed indonesia dan masih banyak lagi.Dimulai dari ajang Formula Toyota di jepang mesin ini mulai menunjukkan potensinya.Dengan ubahan remap ecu dan ubahan kecil lainnya mesin ini sanggup menelurkan 210 HP.Bahkan mesin ini dikembangkan terus diajang formula atlantis hingga menelurkan 275 hp,mecha tuned 250 hp,dan lain2nya.<br /><br />Umumnya untuk keperluan touring mesin ini disandingkan dengan Corolla AE 86 karena dianggap paling pas.Perpaduan antara sasis yang sempurna dan mesin yang powerfull.Mesin ini membuat Team Toyota indonesia mendatangkan langsung dari jepang untuk race musim 1994. Berhubung keterbatasan pengetahuan,maka mesin ini dikirim kembali ke jepang dan dituned langsung oleh TRD berikut AE 101 alias Toyota Great Corolla.Mengherankan karena jarang sekali balap touring memakai silvertop ini buat FWD macam great corolla.Proyek prestisius ini menghabiskan dana yang tidak sedikit,bahkan pihak TRD pun mengirimkan langsung orangnya untuk mengamati perkembangan TTI dengan silvertop ini.Pada Tahun 1994-1995 tercatat Corolla TTI menyemburkan 225 Hp dengan kondisi Naturally Aspirated.Sangat besar untuk tenaga mobil touring pada tahun 94-95 Bahkan Chandra Alim yang mengendarai RX 7 dibuat sangat repot oleh TTI yang diwakili oleh Indra Saksono.Konon mobil ini juga sempat mewakili Indonesia diajang ASEAN Touring di Sepang dan meraih podium,padahal Malaysia,Brunei Thailand menggunakan RX7 dan BMW M3 sebagai andalan merekaMenjelang krisis moneter mobil ini dikandangkan di gudang toyota di sunter hingga nyaris dilupakan.Pada Mei 2001 mobil ini dibeli oleh Sonny Aji Darwanto untuk digunakan di ajang drag race,tak berselang lama mobil ini pindah ke Garda Oto dan dituned oleh Garden Speed.Konon Great Corolla spesial ini hanya dibeli seharga 100 juta,tidak jauh beda dengan pasaran Great Corolla 94 standart pada pasar tahun 2001Musibah terjadi di tahun 2003 tatkala mesin istimewa ini jebol di ajang drag race. Jebolnya mesin Toyota Great Corolla milik tim Garda Oto Racing (GOR) ini membuat Taqwa Suryo Swasono, manager tim, lemas. Spesifikasi grup A racikan Jepang di pertengahan tahun 1990an itu memang istimewa. Sebagian besar komponen mesin bukan produk yang dijual umum di pasaran. Namun ini justru jadi tantangan berburu komponen pengganti di tiga benua. “Mesin over rev saat dipakai drag race. Blok pecah dan kepala silinder berikut jeroan hancur, termasuk kem dan main shaft gigi transmisi ikut patah,” terang Taqwa yang juga bos bengkel Garden Speed mengenang kejadian silam. Mesin ini lalu dibongkar ulang dan dibangun dengan parts yang lebih baik ketimbang spek lama,namun urusan camshaft menemui kendala karena pihak jepang hanya menjual bahannya,mereka tidak menjual dalam bentuk jadi dan harus dibubut di Jerman Mesin 4AGE 20 Valve Silvertop meski jamak digunakan di arena balap namun karakteristiknya sangat beda dengan harian. Versi TRD untuk Formula Atlantic dan formula Toyota baru keluar tenaganya diatas 8 ribu rpm hingga 12 ribu rpm.Di TTI sendiri tenaga puncaknya dicapai di 9500-10.000 rpm.Tak heran bila balapan touring 10 lap sentul mobil ini membutuhkan 80-120 liter bahan bakar. Diakui Taqwa mesin settingan TRD ini meski sangat spesial namun sangat sensitif,sulit dikendalikan dan perlu didukung juga suspensi yang settingan sempurna juga maka tidak heran suspensi yang digunakan Greco TTI ini tak lazim didengar.Entah bagaimana nasib mesin ini sekarang yang jelas sempat meramaikan jagat balap Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di jagat ASEAN.</div>bambang_bshttp://www.blogger.com/profile/02828017739457859852noreply@blogger.com0